Minggu, 11 Mei 2014

KUNCI ISLAM


Hasan bi Arafah berkata bahwa telah berkata kepada kami Ismail bin Ayyaash dari Abdullah bin Abdurrahman bin Abu Hasan dari Syahr bi Husyab dari Muadz bin Jabal R.A. yang berkata bahwa Rasulallah SAW bersabda: "Kunci Surga adalah kesaksian La ilaha illallahu." 

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Iman Ahmad dalam Musnadnya dengan redaksi: "Kunci surga adalah kesaksian La ilaha illallahu."

Bukhari dalam Shahihnya berkata dari Wahab bin Munabbih bahwa dikatakan kepadanya: "Bukanlah kunci surga adalah pernyataan La ilaha illallah?" Wahab bin Munabbih menjawab: "Benar, tetapi ingat bahwa setiap kunci mempunyai gerigi, Jika Anda diberi kunci yang bergerigi maka Anda dapat membukanya. Jika tidak, maka Anda tidak dapat membukanya."

Abu Nu'aim meriwayatkan hadits dari Aban dari Anas bin Malik R.A. yang berkata bahwa ada orang Arab Badui yang bertanya: "Wahai RAsulallah, apa kunci surga itu?" Rasulallah SAW menjawab: "Yaitu La ilaha illallah." (Diriwayatkan oleh Abu Nu'aim)

Abu Syaikh meriwayatkan hadits dari Al-A'masy dari Mujahid dari Yazid bin Sakhbarah yang berkata: "Sesungguhnya pedang-pedang adalah kunci-kunci surga."

Dalam Musnad disebutkan hadits dari Muadz bin Jabal R.A. yang berkata bahwa Rasulallah SAW bersabda: "Maukah engkau aku tunjukkan salah salah satu kunci surga? Aku menjawab: "Ya, mau." Rasulallah SAW bersabda: "Yaitu ucapan Laa haula walaa quwwata illa billaahi." 

Allah membuat kunci bagi setiap permohonan. Ia menjadikan thaharah (bersuci) sebagai kunci shalat. Kunci haji adalah ihram. Kunci segala kebaikan adalah kejujuran. Kunci ilmu adalah bertanya dengan baik dan serius mendengar. 

Kunci kemenangan dan kegemilangan adalah sabar. Kunci penambah ni'mat adalah syukur. Kunci kewalian adalah cinta dan zikir. Kunci keberuntugan adalah taqwa. Kunci petunjuk adalah cinta dan takut kepada Allah SWT. Kunci permintaan adalah du'a. Kunci akhirat adalah zuhud dunia. 

Kunci iman adalah merenungkan apa saja yang diperintahkan Allah kepada hamba-hambaNYA untuk direnungkan. Kunci masuk kepada Allah adalah penyerahan hati dan kesehatan kita kepadaNYA, ikhlas karenaNYA dalam cinta, mengerjakan kebaikan dan meninggalkan kejahatan karenaNYA. 

Kunci kehidupan hati adalah merenungkan Al Qur'an, merendahkan diri, berdoa pada waktu sahur dan meninggalkan dosa. Kunci mendapatkan rahmat dan ihsan adalah beribadah kepadaNYA dan berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi hamba-hambaNYA. 

Kunci rizqi adalah bekerja disertai istighfar dan taqwa. Kunci kemuliaan adalah taat kepada Allah dan RasulNYA. Kunci persiapan menuju akhirat adalah memperpendek angan-angan. Kunci segala kebaikan adalah cinta Allah. Dan kunci segala keburukan adalah cinta dunia dan panjang angan-angan.

0 komentar:

Posting Komentar