A.
DEFINISI
Sebelum
menjelaskan tentang defenisi depresi akan lebih baik jika membuat parameter yang jelasa antara depresi,
kecemasan dan stres. Agar perbedaan antara depresi, stres dan depresi bisa
jelas serta tidak komorbid.
Stres
(Sriati, 2008) menjelaskan bahwa stres adalah stimulus atau situasi yang
menimbulkan distress dan menciptakan tuntutan fisik dan psikis pada seseorang.
Sedangkan
untuk kecemasan, menurut Lazarus (Trismiati, 2004) konsep kecemasan memegang
peranan yang sangat mendasar dalam teori-teori tentang stres dan penyesuaian
diri. Kecemasan (Trismiati, 2008) adalah kondisi emosional yang tidak
menyenangkan, yang ditandai oleh perasaan-perasaan subjektif seperti
ketegangan, ketakutan, kekhawatiran, dan juga ditandai dengan aktifnya system
saraf pusat.
Depresi merupakan salah satu gangguan mood
(mood disorder). Depresi sendiri adalah gangguan unipolar, yaitu gangguan yang
mengacu pada satu kutub (arah) atau tunggal, yang terdapat perubahan pada
kondisi emosional, perubahan dalam motivasi, perubahan dalam fungsi dan
perilaku motorik, dan perubahan kognitif (Nevid dkk, 2005)
Depresi
adalah gangguan penyesuaian diri (gangguan dalam perkembangan emosi jangka
pendek atau masalah-masalah perilaku, dimana dalam kasus ini, perasaan sedih
yang mendalam dan perasaan kehilangan harapan atau merasa sia-sia, sebagai
reaksi terhadap stressor) dengan kondisi mood yang menurun (Wenar & Kerig, 2000).
Depresi adalah
suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi
seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka
hal itu disebut sebagai suatu gangguan depresi (www.id.wikipedia.org).
Depresi
Mayor adalah suatu gangguan mood yang parah yang ditandai oleh episode-episode
depresi mayor, individu mengalami salah satu diantara mood depresi (merasa
sedih, putus asa, terpuruk) atau kehilangan minat atau rasa senang dalam semua
atau berbagai aktivitas untuk periode waktu paling sedikit 2 minggu (Nevid dkk,
2005).
Depresi
Mayor merupakan gangguan yang lebih berat, membutuhkan lima atau lebih
symptom-simptom selama dua minggu, salah satunya harus ada gangguan mood, atau
ketidaksenangan pada anak-anak (Wenar & Kerig, 2000).
Sedangkan
episode depresi berat menurut kriteria DSM-IV-TR, dalam Durand dan Barlow
(2006), adalah suasana perasaan ekstrem yang berlangsung apling tidak dua
minggu dan meliputi gejala-gejala kognitif (seperti perasaan tidak berharga dan
tidak pasti) dan fungsi fisik yang terganggu (seperti perubahan pola tidur,
perubahan nafsu makan dan berat badan yang signifikan, atau kehilangan banyak
energi) sampai titik dimana aktivitas atau gerakan yang paling ringan sekalipun
membutuhkan usaha yang luar biasa besar.
Dari
beragam definisi tentang depresi, penulis cenderung menyepakati definisi yang
dibuat oleh Nevid (2005) yang mengemukakan bahwa depresi merupakan gangguan
unipolar, yaitu gangguan yang mengacu pada satu kutub (arah) atau tunggal, yang
terdapat perubahan pada kondisi emosional, perubahan dalam motivasi, perubahan
dalam fungsi dan perilaku motorik, dan perubahan kognitif.
B. SEBAB-SEBAB
1. Biologis
Suatu bidang pengetahuan yang semakin berkembang mengimplikasikan faktor-faktor genetis pada gangguan mood. Kita mengetahui bahwa gangguan mood, termasuk depresi mayor dan gangguan bipolar cenderung menurun pada keluarga. Namun, bukti yang mengacu pada suatu dasar genetis untuk gangguan mood berasal dari penelitian-penelitian yang menunjukkan bahwa semakin dekat hubungan genetis yang dibagi seseorang dengan orang lain yang menderita suatu gangguan mood mayor (depresi mayor atau ganguan bipolar), semakin besar kecenderungan bahwa orang tersebut juga akan menderita suatu gangguan mood mayor (Nevid dkk, 2005).
Penelitian awal mengenai dasar penyebab biologis dari depresi berfokus pada berkurngnya tingkat neurotransmiter dalam otak, pada tahun 1950-an. Penemuan yang dilaporkan pada masa itu adalah pasien hipertensi (tekanan darah tinggi) yang meminum obat reserpine sering menjadi depresi. Reserpine menurunkan suplai dari berbagai neurotransmiter di dalam otak, termasuk norepinephrine dan serotonin. Kemudian muncul penemuan bahwa obat-obatan yang menaikkan tingkat neurotransmiter seperti norepinephrine dan serotonin di otak dapat mengurangi depresi (Nevid dkk, 2005).
Metode lain dari penelitian berfokus pada kemungkinan abnormalitas dalam korteks prafrontal (preforontal cortex), area dari lobus frontal yang terletak di depan area motorik. Peneliti menemukan bukti dari aktivitas metabolism yang lebih rendah dan ukuran korteks prefrontal yang lebih kecil pada diri orang yang secara klinis mengidap depresi bila dibandingkan dengan kelompok kontrol yang sehat. Korteks prefrontal terlibat dalam pengaturan neurotransmiter yang dipercaya terlibat dalam gangguan mood, termasuk serotonin dan norepinephrine, sehingga tidak mengagetkan bila bukti menunjukkan ketidakteraturan pada bagian otak ini (Nevid dkk, 2005).
2. Psikologis
- Faktor kepribadian premorbid. Tidak ada satu kepribadian atau bentuk kepribadian yang khusus sebagai predisposisi terhadap depresi. Semua orang dengan ciri kepribadian manapun dapat mengalami depresi, walaupun tipe-tipe kepribadian seperti oral dependen, obsesi kompulsif, histerik mempunyai risiko yang besar mengalami depresi dibandingkan dengan lainnya
- Kehilangan harga diri. Depresi sebagai suatu efek yang dapat melakukan sesuatu terhadap agresi yang diarahkan kedalam dirinya. Apabila pasien depresi menyadari bahwa mereka tidak hidup sesuai dengan yang dicita-citakannya, akan mengakibatkan mereka putus asa
- Teori kognitif menurut A.T. Beck menunjukkan perhatian gangguan kognitif pada depresi. Beck mengidentifikasikan 3 pola kognitif utama pada depresi yang disebut sebagai triad kognitif, yaitu pandangan negatif terhadap masa depan, pandangan negatif terhadap diri sendiri, individu menganggap dirinya tak mampu, bodoh, pemalas, tidak berharga, pandangan negatif terhadap pengalaman hidup (Durand dan Barlow, 2006).
- Learned Helplessness. Teori Seligman mengatakan bahwa orang menjadi cemas dan depresi ketika membuat atribusi bahwa mereka tidak memiliki kontrol atas stres dalam kehidupannya baik sesuai kenyataan maupun tidak (Durand dan Barlow, 2006).
Peristiwa hidup yang penuh tekanan, seperti kehilangan seseorang yang dicintai atau lama menganggur. Kurangnya reinforcement. Interaksi yang negatif dengan orang lain menghasilkan penolakan. Selain hal tersebut ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya depresi yaitu hubungan perkawinan yang tidak memuaskan, kurangnya dukungan sosial dari orang-orang terdekat.
4. Spiritual
Depresi dapat terjadi karena rendahnya kadar kagamaan dalam diri seseorang. Orang yang kadar imannya atau ketakwaannya rendah, cenderung lebih mungkin menderita depresi karena kurangnya pegangan hidup. Tanpa pegangan hidup yang berupa kaidah-kaidah keagamaan, kehidupan seseorang akan terombang ambing tak menentu, dan dapat mengakibatkan kekurang-mampuan dalam menghadapi tantangan, sehingga dapat menimbulkan depresi. Sebab-sebab yang di kemukakan di atas saling berkaitan satu dengan lainnya, dan semuanya bermuara pada diri individu masing-masing
C. PERSPEKTIF ALIRAN-ALIRAN
1. Psikodinamika
Teori psikodinamika klasik mengenai depresi dari Freud dan para pengikutnya meyakini bahwa depresi mewakili kemarahan yang diarahkan ke dalam diri sendiri dan bukan terhadap orang-orang yang dikasihi. Rasa marah dapat diarahkan kepada self setelah mengalami kehilangan yang sebenarnya atau ancaman kehilangan dari orang-orang yang dianggap penting ini.
Menurut pandangan ini, gangguan bipolar mewakili dominansi yang berubah-ubah dari kepribadian individu antara ego dan superego. Dalam fase depresi, superego adalah dominan, memproduksi kesadaran yang berlebihan atas kesalahan-kesalahan dan membanjiri individu dengan perasaan bersalah dan ketidakberhargaan.
Model psikodinamika terbaru lebih terfokus pada isu-isu yang berhubungan dengan perasaan individual akan self-worth atau self-esteem. Suatu model, yang disebut model self-focusing, mempertimbangkan bagaimana mengalokasikan proses atensi mereka setelah suatu kehilangan (kematian orang yang dicintai, kegagalan personal, dll). Menurut model ini, orang yang mudah terkena depresi mengalami suatu periode self-examination (self-focusing) yang intens setelah terjadinya suatu kehilangan atau kekecewaan yang besar. Mereka menjadi terpaku pada pikiran-pikiran mengenai objek atau tujuan penting yang hilang dan tetaap tidak dapat merelakan harapan akan entah bagaimana cara mendapatkannya kembali .
2. Humanistik
Menurut kerangka kerja humanistik, orang menjadi depresi saat mereka tidak dapat mengisi keberadaan mereka dengan makna dan tidak dapat membuat pilihan-pilihan autentik yang menghasilkan self-fulfillment. Kemudian dunia dianggap menjadi tempat yang menjemukkan. Pencarian orang akan makna memberikan warna dan arti bagi kehidupan mereka. Perasaan bersalah dapat timbul saat orang percaya bahwa mereka tidak membangkitakn potensi-potensi mereka. Mereka dapat meningkatkan suatu perasaan suram yang terekspresikan dalam perilaku depresi – kelelahan, mood yang murung, dan menarik diri (Nevid dkk, 2005).
Humanistik juga berfokus pada hilangnya self-esteem yang dapat muncul saat orangg kehilangan teman atau anggota keluarga, ataupun mengalami kemunduran atau kehilangan dalam pekerjaan. Depresi adalah konsekuensi yang sering terjadi dari kehilangan seperti itu, terutama jika kita mendasarkan self-esteem kita pada peran pekerjaan atau kesuksesan
3. Behavioristik
Dalam perspektif teori belajar lebih kepada faktor-faktor situasional, seperti kehilangan reinforcement positif. Kita memiliki kinerja terbaik saat tingkat reinforcement sepadan dengan usaha kita. Perubahan pada frekuensi atau efektivitas reinforcement dapat mengubah keseimbangan sehingga kehidupan menjadi tidak berharga. Saat reinforcement berkurang, orang akan merasa tidak termotivasi dan depresi, yang dapat menyebabkan ketidakaktifan dan nantinya semakin mengurangi kesempatan untuk mendapatkan reinforcement
4. Kognitif
Model kognitif Beck berfokus pada peran berpikir yang negatif atau terdistorsi dalam depresi. Orang yang rentan mengalami depresi memegang keyakinan yang negatif terhadap dirinya sendiri, lingkungan, dan masa depan. Segi tiga kognitif dari depresi ini menghasilkan kesalahann tertentu dalam berpikir, atau distorsi kognitif, dalam berespons pada peristiwa negatif, yang pada gilirannya akan menyebabkan depresi (Nevid dkk, 2005).
5. Learned Helplessness (teori ketidakberdayaan)
Model ketidakberdayaan yang dipelajari didasarkan pada keyakinan bahwa orang dapat menjadi depresi saat mereka mulai memandang dirinya sendiri sebagai tidak berdaya untuk mengontrol reinforcement yang terdapat dalam lingkungan mereka atau untuk mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik. Suatu versi yang diformulasikan kembali dari teri tersebut menganggap bahwa cara di mana seseorang menjelaskan suatu peristiwa –atribusi mereka- menentukan kerentanannya terhadap depresi dalam menghadapi peristiwa yang negatif (Nevid dkk, 2005).
D. GEJALA
Berdasarkan DSM IV-TR gejala depresi adalah sebagai
berikut :
1. Lima (atau lebih) gejala berikut diteruskan selama periode 2 minggu yang sama dan menunjukkan suatu perubahan dari fungsi sebelumnya; paling kurang satu gejala dari salah satu mood depresi atau dua kehilangan minat atau kesenangan.
Catatan : jangan masukkan gejala yang jelas disebabkan oleh suatu kondisi medis umum atau waham atau halusinasi yang sesuai mood.
a. Mood depresi hampir sepanjang hari, hampir setiap hari seperti yang ditunjukkan baik oleh laporan subjektif (misalnya, perasaan sedih atau kosong) maupun pengamatan yang dilakukan oleh orang lain (misalnya, tampak sedih).
Catatan : pada anak-anak dan remaja dapat berupa mood yang iritabel (mudah kesal).
b. Kehilangan minat atau kesenangan yang nyata pada semua atau hampir semua, aktivitas hampir sepanjang hari, hampir setiap hari (seperti yang ditunjukkan baik oleh laporan subjektif maupun pengamatan yang dilakukan oleh orang lain).
c. Penurunan berat badan yang bermakna jika tidak melakukan diet atau penambahan berat badan (misalnya, perubahan berat badan lebih dari 5% sebulan), atau penurunan atau peningkatan nafsu makan hampir setiap hari.
Catatan : Pada anak-anak, pertimbangkan kegagalan untuk mencapai peningkatan berat badan yang diharapkan.
d. Insomnia atau hipersomnia hampir setiap hari.
e. Agitasi atau retardasi psikomotor hampir setiap hari (dapat diamati oleh orang lain, bukan hanya perasaan subjektif tentang adanya kegelisahan atau menjadi lamban).
f. Kelelahan atau kehilangan tenaga hampir setiap hari.
g. Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah yang berlebihan yang tidak sesuai (yang dapat berupa waham) hampir setiap hari (bukan hanya menyalahkan diri sendiri atau bersalah karena sakit).
h. Penurunan kemampuan untuk berpikir atau berkonsentrasi, atau keragu-raguan, hampir setiap hari (baik oleh laporan subjektif maupun yang diamati oleh orang lain).
i. Pikiran tentang kematian yang berulang (tidak hanya ketakutan akan kematian), ide bunuh diri berulang tanpa suatu rencana yang spesifik, atau percobaan bunuh diri atau rencana khusus untuk melakukan bunuh diri.
2. Gejala tidak memenuhi kriteria Episode Campuran.
3. Gejala menyebabkan penderitaan secara klinis yang bermakna atau gangguan pada fungsi sosial, pekerjaan atau fungsi bidang penting lainnya.
4. Gejala bukan karena efek fisiologis langsung dari zat (misalnya, penyalahgunaan zat pengobatan) atau suatu kondisi medis umum (misalnya, hipotirodisme).
5. Gejala tidak lebih baik dijelaskan oleh berduka yaitu setelah kehilangan orang yang dicintai, gejala menetap lebih lama dari 2 bulan atau ditandai oleh gangguan fungsional yang nyata, preokupasi morbid dengan perasaan tidak berharga, ide bunuh diri, gejala psikotik atau retardasi psikomotor.
1. Lima (atau lebih) gejala berikut diteruskan selama periode 2 minggu yang sama dan menunjukkan suatu perubahan dari fungsi sebelumnya; paling kurang satu gejala dari salah satu mood depresi atau dua kehilangan minat atau kesenangan.
Catatan : jangan masukkan gejala yang jelas disebabkan oleh suatu kondisi medis umum atau waham atau halusinasi yang sesuai mood.
a. Mood depresi hampir sepanjang hari, hampir setiap hari seperti yang ditunjukkan baik oleh laporan subjektif (misalnya, perasaan sedih atau kosong) maupun pengamatan yang dilakukan oleh orang lain (misalnya, tampak sedih).
Catatan : pada anak-anak dan remaja dapat berupa mood yang iritabel (mudah kesal).
b. Kehilangan minat atau kesenangan yang nyata pada semua atau hampir semua, aktivitas hampir sepanjang hari, hampir setiap hari (seperti yang ditunjukkan baik oleh laporan subjektif maupun pengamatan yang dilakukan oleh orang lain).
c. Penurunan berat badan yang bermakna jika tidak melakukan diet atau penambahan berat badan (misalnya, perubahan berat badan lebih dari 5% sebulan), atau penurunan atau peningkatan nafsu makan hampir setiap hari.
Catatan : Pada anak-anak, pertimbangkan kegagalan untuk mencapai peningkatan berat badan yang diharapkan.
d. Insomnia atau hipersomnia hampir setiap hari.
e. Agitasi atau retardasi psikomotor hampir setiap hari (dapat diamati oleh orang lain, bukan hanya perasaan subjektif tentang adanya kegelisahan atau menjadi lamban).
f. Kelelahan atau kehilangan tenaga hampir setiap hari.
g. Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah yang berlebihan yang tidak sesuai (yang dapat berupa waham) hampir setiap hari (bukan hanya menyalahkan diri sendiri atau bersalah karena sakit).
h. Penurunan kemampuan untuk berpikir atau berkonsentrasi, atau keragu-raguan, hampir setiap hari (baik oleh laporan subjektif maupun yang diamati oleh orang lain).
i. Pikiran tentang kematian yang berulang (tidak hanya ketakutan akan kematian), ide bunuh diri berulang tanpa suatu rencana yang spesifik, atau percobaan bunuh diri atau rencana khusus untuk melakukan bunuh diri.
2. Gejala tidak memenuhi kriteria Episode Campuran.
3. Gejala menyebabkan penderitaan secara klinis yang bermakna atau gangguan pada fungsi sosial, pekerjaan atau fungsi bidang penting lainnya.
4. Gejala bukan karena efek fisiologis langsung dari zat (misalnya, penyalahgunaan zat pengobatan) atau suatu kondisi medis umum (misalnya, hipotirodisme).
5. Gejala tidak lebih baik dijelaskan oleh berduka yaitu setelah kehilangan orang yang dicintai, gejala menetap lebih lama dari 2 bulan atau ditandai oleh gangguan fungsional yang nyata, preokupasi morbid dengan perasaan tidak berharga, ide bunuh diri, gejala psikotik atau retardasi psikomotor.
E. ONSET
Onset seseorang untuk menderita depresi
pada populasi umum berkisar antara umur 20 dan 40 tahun (dewasa muda),
sedangkan DSM-IV menyatakan bahwa usia rerata onset depresi pada populasi umum adalah pertengahan 20-an
(Kandouw, dkk, 2007).
Dalam
Durand dan Barlow (2006), umur rata-rata onset gangguan depresi berat adalah 25
tahun di dalam komunitas sampel subjek yang tidak menerima penanganan dan 29
tahun untuk pasien-pasien yang menerima penanganan. Tetapi, menurut Kessler dan
kawan-kawan (2003) dalam Duran dan Barlow (2006) umur rata-rata onset ini
tampak cenderung menurun.
F. PREVALENSI
Prevalensi
seumur hidup dari gangguan depresi dalam Durand dan Barlow (2006) adalah
sebagai berikut :
Umur
|
Prosentase
|
18-29
30-44
45-64
65+
|
5,0
7,5
4,0
1,4
|
Jenis
Kelamin
|
Prosentase
|
Laki-laki
Perempuan
|
2,6
7,0
|
Umur
|
Prosentase
|
Kulit
putih
Kulit
hitam
Hispanik
|
5,1
3,1
4,4
|
Total
|
4,9
|
Gangguan tidak terlalu sering terjadi pada anak-anak
dibanding pada orang dewasa tetapi prevalensinya meningkat tajam pada masa
remaja dan jika terjadi, depresi itu lebih sering dibanding orang dewasa
(Kashani, Hoeper, Beck, dan Corcoran, 1987; Lewinsohn, dkk, 1993; Compas,
Brooks-Gunn, Stemmler, dan grant, 1993).
Depresi dengan onset terlambat berhubungan dengan
kesulitan tidur yang nyata, hipokondiasis dan agitasi. Prevalensi gangguan
depresi berat pada orang lanjut usia sama atau sedikit lebih rendah dibanding
prevalensi dalam populasi secara umum. Ini mungkin disebabkan karena peristiwa stressfull dan memicu episode depresif
cenderung berkurang dengan semakin bertambahnya umur (Durand dan Barlow, 2006).
Di sebuah desa orang Amerika asli, prevalensi seumur
hidup untuk gangguan perasaan yang sebagian disebabkan oleh depresi sebesar
19,4% pada laki-laki dan 36,7% pada perempuan dan 28% secara keseluruhan.
Kondisi sosial dan ekonomi yang memprihatinkan memenuhi semua kondisi untuk
stress kehidupan yang berat dan kronis yang berkaitan erat dengan onset
gangguan depresi berat (Durand dan Barlow, 2006).
Wanita memiliki kecenderungan hamper dua kali lipat
lebih besar daripada pria untuk mengalami depresi mayor (APA, 2000; Blazer
dkk., 1994; Kessler dkk., 1994). Perbedaan dalam risiko relative antara pria
dan wanita bermula pada awal usia remaja dan bertahan hingga paling itdak usia
pertengahan 50 (Barefoot dkk., 2001; Kessler dkk., 1993). Sebuah diskusi panel
yang diselenggarakan oleh American Psychological Association (APA) menyatakan
bahwa perbedaan gender sebagian besar disebabkan oleh lebih banyaknya jumlah stress
yang dihadapi wanita dalam kehidupan kontemporer. Misalnya wanita lebih
cenderung menghadapi factor-faktor kehidupan yang penuh penganiayaan fisik dan
seksual, kemiskinan, orang tua tunggal. Dan diskriminasi gender (Goleman,1990;
McGrath dkk., 1990).
Perbedaan dalam gaya coping juga dapat membantu
menjelaskan tentang kerentanan wanita untuk terkena depresi. Terlepas dari
apakah factor-faktor yang memicu depresi itu biologis, psikologis, atau social;
respon coping seseorang dapat menambah atau mengurangi keparahan dan durasi
dari episode depresi. Nolen dan kolega-koleganya dalam Durand dan Barlow (2006)
menyatakan bahwa pria lebih cenderung untuk mengalihkan pikiran mereka saat
depresi, seperti beralih ke alkohol sebagai self-medication,
sementara wanita lebih cenderung memperbesar depresi dengan merenungkan
perasaan mereka dan kemungkinan penyebabnya.
G. TERAPI
Terapi
yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat depresi adalah terapi kognitif
perilaku. Dengan terapi kognitif perilaku terjadi perubahan pikiran negatif
menjadi pikiran positif, mampu menciptakan aktivitas menyenangkan, mampu
mengidentifikasi pikiran positif dan negatif serta mampu bersikap asertif dan
meningkatkan kualitas hidup (Haeba dan Moordiningsih, 2009).
Selain
itu, dengan Coping With Depression
(CWD-A) yang termasuk dalam pemberian intervensi Cognitive – Behavioral Therapy (CBT). Terdapat beberapa aspek-aspek
yang diukur mealui kuisioner terkait, yaitu Demographic
Variables (sex, age, and race/ethnicity), Depression Spesific Psychopathology
Factors (age of first MDD (Major Depressive Disorder) onset, number of prior
MDD episodes, depression severity, suicidal ideation), Broader Psychopathology
Factors (current ADHD, current substance disorder, durrent anxiety disorder,
functional impairment, and parent report of problem behaviors), CBT-Specific
Psychosocial Factors (negative thoughts, dysfunctional attitudes, hopelessness
during the past week and frequency of pleasant events), dan Resiliency
Psychosocial Factors (social adjustment, family cohesion, and coping skills)
(Rohde, Seeley, Kaufman, Clarke, dan Stice, 2006).
Hal
tersebut sama dengan yang telah disebutkan dalam Nevid dkk (2005), yaitu terapi
behavioral berfokus pada membantu orang dengan meningkatkan frekuensi reinforcement dalam kehidupan mereka
melalui cara-cara seperti meningkatkan jumlah aktivitas yang menyenangkan
dimana mereka berpartisipasi dan membimbing mereka dalam mengembangkan
keterampilan social yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan mereka
dalam memperoleh reinforcement sosial
dari orang lain. Misalnya, program terapi kelompok dengan 12 sesi selama 8
minggu yang diorganisasikan sebagai suatu kursus, Coping With Depression (CWD)
Course.
Terapi
dapat juga dengan pemberian obat-obatan antidepresan dan mengkombinasikannya
dengan pemberian treatment lainnya. Monroe
dkk (2006), pasien yang mengalami gangguan diberikan treatment bulanan yaitu, Maintenance
Interpersonal Psychotherapy (IPT-M), IPT-M dengan impiramine (obat andtidepresan), IPT-M dengan placebo, impiramine dan check up secara rutin ke klinik, dan placebo dengan check up secara rutin ke klinik. Melakukan pengobatan secara aktif,
dapat mengurangi kemungkinan gangguan depresi berulang.
Nevid
dkk (2005) menyatakan bahwa obat-obatan anti depresan dapat meningkatkan
tingkat (berfungsinya) otak dan mungkin fungsi dari neurotransmitter, walaupun
memiliki efek tunda, biasaya membutuhkan beberapa minggu (rata-rata 2-8 minggu)
penanganan sebelum suatu manfaat terapeutik dicapai. Durand-Barlow (2006)
menjelaskan, adanya efek samping ketika mengkonsumsi obat-obatan anti depresan
seperti penglihatan kabur, mulut kering, konstipasi, kesulitan buang air kecil,
mengantuk, berat badan bertambah dan mungkin disfungsi seksual. Berdasarkan
analisis rangkuman dari lebih dari 100 studi (American Psychiatric Association,
2000; Depression Guideline Panel, 1993), tricyclic (imipramine, amitriptyline, desipramine, dan doxepin) mengurangi
depresi pada kira-kira 50% pasien dibanding dengan dengan kira-kira 25%-30%
yang minum pil placebo.
Psikoterapi
interpersonal yaitu piskoterapi yang fokus pada hubungan interpersonal untuk
meningkatkan hubungan dan kemampuan komunikasi serta konsep diri individu.
Penekanannya adalah disini dan sekarang dan pada masalah spesifik bahwa
pengalaman orang-orang depresi pada masa sekarang. Individu diajarkan cara
mengatasi masalah-masalah hidup dan keadaan depresi dengan belajar perilaku
adaptif baru untuk meningkatkan ketrampilan interpersonal dan komunikasi,
terapis interpersonal cenderung fokus pada empat masalah potensial dalam
pengalaman hidup orang depresi yaitu kesedihan, perselisihan peran
interpersonal, peran transisi, dan deficit interpersonal.
Pendekatan
herbal yaitu dengan St John’s Wort bunga berwarna kuning, umumnya tumbuh di
alam liar. Obat herbal ini diyakini oleh banyak orang menjadi pengobatan yang
efektif untuk beberapa bentuk depresi.
Terapi
tertawa, sebagaimana penelitian yang telah dilakukan Nugraheni (Sulistyowati,
2009) tentang pengaruh tertawa terhadap depresi pada usia lanjut di Wirosaban.
Tingkat depresi sesudah dilakukan terapi tertawa sebagian besar tidak terjadi
depresi.
Terapi
dari pandangan psikoanalisis, terapi ini menyelediki jiwa pasien serta membawa impuls-impuls dan
perilaku bawah sadar pasien ke permukaan.
Terapi
musik klasik, penelitian ini dilakukan oleh Jumiatun (Sulistiyowati, 2009) yang
menunjukkan adanya perbedaan perilaku antara sebelum dan sesudah diberikan
terapi musik klasik pada pasien.
H. PREVENSI
Sekarang ini usaha-usaha pencegahan depresi untuk para remaja dan anak-anak sudah mulai dilakukan. Usaha-usaha pencegahan tersebut bisa dilakukan dengan cara penanaman ketrampilan sosial dan ketrampilan untuk mengatasi masalah pada anak-anak yang cukup adekuat untuk mencegah timbulnya depresi (Durand dan Barlow, 2006). Dalam Durand dan Barlow (2006), Sanders, dkk (1992) menyatakan bahwa komunikasi yang terganggu dan kurangnya ketrampilan untuk mengatasi masalah, terutama dalam keluarga, merupakan cirri khas anak-anak yang mengalami depresif dan menjadi target yang wajar bagi intervensif preventif.
Cara lain untuk mencegah depresi yaitu membangun kepercayaan diri, berpikir optimis, melakukan hal-hal yang disukai, mengembangkan sisi spiritual, banyak tertawa karena tertawa juga merangsang otak untuk memproduksi leboh banyak endolfin yakni hormon pembawa rasa hormon selain hal-hal tersebut cara pencegahan yang tidak kalah pentingnya adalah pola hidup sehat yang mencakup pola makan sehat, istirahat cukup serta olahraga ( Hadi, 2004).
I. KUALITAS HIDUP
Kualitas
hidup pasien depresi mengalami penurunan dibandingkan pasien tanpa depresi.
Semakin tinggi tingkat depresi maka semakin buruk kualitas hidupnya.
Monroe et all (2006) menyatakan bahwa peristiwa-peristiwa
hidup yang lebih serius (berat) akan memicu timbulnya gangguan depresi
berulang, karena ketika individu tersebut menghadapi peristiwa-peristiwa hidup
yang lebih serius itu akan merasa stres dan stres merupakan awal munculnya
depresi. Dan ternyata tidak menutup kemungkinan bahwa individu yang mengalami
peristiwa-peristiwa hidup yang tidak berat juga bisa memicu munculnya gangguan
depresi berulang. Hanya saja, individu yang berada dibawah pengaruh obat-obatan
(mengalami terapi obat-obatan) lebih mungkin memicu munculnya gangguan depresi
berulang dibanding yang tidak.
J. AL-QURAN
- hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa mereka pun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja…" (QS. At Taubah, 9:118)
- Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah. (QS, An.nisa, 4:28)
- Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia; dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa. (QS. Al-Isra 17: 83)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar